Senin, 03 Agustus 2015

Ayam Goreng Lengkuas,

MENU ayam adala menu favorit keluarga saya,karena suami dan anak2 sukaaa banget sama ayam, terutama ayam goreng, adapun saya pribadi... "biasa lah.." malah cenderung ke derajat "tidak suka". Tapi berhubung selain saya sukaa bangeet, maka olahan ayam sering menjadi menu harian keluarga tercinta saya...


Nahh, kali ini mau nyobain resep ayam goreng lengkuas. Sepertinya ayam goreng ini yang menjadi andalan warung2 padang, wallahu a'lam. Simaak resepnya ya..

Baarokallahufiik,



Bahan:
1 ekor ayam,
potong 8-12 bagian
5 siung bawang putih
4 buah bawang merah
1 sdm ketumbar
1 batang lengkuas
3 cm kunyit
3 butir kemiri
1 ruas jahe
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 batang sereh, digeprek
200 ml air
Beberapa batang lengkuas, diparut.

*Bisa menggunakan sekitar 3 batang lengkuas ukuran besar.

Cara membuat:
1. Haluskan: Bawang putih, bawang merah, ketumbar, 1 batang lengkuas, kunyit, jahe dan kemiri.
2. Campur bumbu halus dengan lengkuas yang telah diparut. Lumuri ayam dengan bumbu.
3. Masukkan ayam ke dalam panci atau wajan. Beri air. Aduk rata. Beri garam, merica bubuk, gula pasir, daun jeruk dan sereh. Masak ayam sampai airnya kering.
4. Pisahkan ayam dari bumbu serundeng lengkuas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penggorengan, jadi ayam dan bumbu serundeng lengkuasnya digoreng terpisah. Dengan begitu serundeng tidak akan hangus sebelum ayam selesai digoreng.
5. Panaskan minyak yang banyak. Goreng ayam hingga kecoklatan.Angkat. Tiriskan.
6. Goreng sisa bumbu serundeng lengkuas sampai kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Taburkan ke atas ayam. Siap disajikanhangat.

Tips dari mbak ricke:
menggoreng bumbu serundengnya bisa dengan menggunakan saringan minyak yang berlubang halus. Jadi taruh bumbu di saringan. Celup saringan ke minyak dan goreng sampai bumbu kering dan kecoklatan sambil sesekali diaduk. Jadi mudah saat mengangkat dari penggorengan, tinggal angkat aja saringannya. Gausah repot!


Reviewku:

Alhamdulillah pertama nyoba no resep wokew bingitz, rasanya nendang!!

Untuk paha 1kg, aku tambahi gulanya 1 sdt dan garamnya 1 sdt, lengkuasnya beli 1000 rupiah udah dpt banyak, aku potong2 terus blender (keburu waktu kalau diparut). Untuk rempahya, serehnya aku tambah 1 batang. Daun jeruknya dibanyakin (aku pakai 6 lembar daun jeruk).

Dan hasilnya..

Alhamdulillah semua suka, terutama suami tercinta, nambah2 mamnya,

#senyum merekah

Baarokallahufiik..

Source resep dan foto:

http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.in/2010/07/ayam-goreng-lengkuas.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar